contoh kebutuhan sekunder

Contoh Kebutuhan Sekunder dan Pengertiannya

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Contoh Kebutuhan Sekunder | Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan manusia yang dipenuhi, setelah terpenuhinya kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Dalam sebutan lain, kebutuhan sekunder disebut juga dengan istilah kebutuhan tambahan. Secara makna, kebutuhan sekunder ini bersifat melengkapi kebutuhan pokok atau primer. Oleh sebab itu, karena kebutuhan ini bersifat melengkapi, artinya seorang individu tetap dapat melangsungkan kehidupannya, meskipun kebutuhan sekunder ini tidak terpenuhi. Karena tingkat atau taraf sosial manusia berbeda-beda, maka kebutuhan masing-masing individu pun juga berbeda satu sama lain. Kebutuhan sekunder bagi tiap individu secara umum dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  • Faktor Lingkungan
  • Faktor Tradisi
  • Faktor gaya hidup

 

Contoh Kebutuhan Sekunder

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh kebutuhan sekunder yang umum di sekitar kita:

1. Olahraga
Olahraga merupakan kebutuhan sekunder bagi manusia. Manusia tetap dapat bertahan hidup, sekalipun tidak melakukan kegiatan olahraga sama sekali. Hanya saja, tatkala seseorang meninggalkan kegiatan olahraga secara mutlak, maka yang terjadi adalah penyakit dapat dengan mudah menghampiri orang tersebut. Oleh sebab itu, berangkat dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, banyak individu yang rutin melakukan kegiatan olahraga sebagai bentuk kebutuhannya akan hidup sehat.

 

2. Hiburan
Hiburan secara umum adalah sebuah kebutuhan bagi manusia. Seseorang yang hidup tanpa hiburan sedikitpun, akan mengalami kejenuhan di dalam hidupnya. Meski tidak sampai mengancam keselamatan jiwa, namun kondisi seseorang yang hidup tanpa hiburan akan berdampak pada kesehatan psikisnya. Oleh sebab itu, manusia membutuhkan hiburan sebagai pelengkap kebutuhan pokoknya.

 

3. Sepeda Motor
Melihat kondisi infrastruktur transportasi yang disediakan oleh pihak pemerintah kita saat ini, memiliki sepeda motor adalah langkah paling tepat bagi kita sebagai alat transportasi. Dengan sepeda motor,kita dapat mengakses lokasi tujuan dengan biaya yang cenderung lebih murah, bila dibandingkan dengan moda transportasi publik seperti angkot.

 

4. Handphone
Di tengah era globalisasi saat ini, kebutuhan manusia akan alat komunikasi memegang peranan yang sangat penting bagi sendi-sendi sosial dan ekonomi. Alat komunikasi seperti handphone atau smartphone bisa dibilang adalah sesuatu yang sangat penting dalam melengkapi kebutuhan pokok. Bagaimana tidak? hampir seluruh jalur komunikasi saat ini telah terintegrasi pada sebuah handphone pintar yang disebut dengan smartphone. Seseorang melakukan komunikasi bisnis, berkomunikasi dengan kerabat, membeli barang, bahkan mentransfer uang melalui smartphone pun sudah menjadi hal yang biasa di era modern saat ini.

Itulah beberapa contoh kebutuhan sekunder bagi kita yang bersifat melengkapi kebutuhan primer yang kita perlukan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Baca Juga : Contoh Kebutuhan Primer