contoh kebutuhan tersier

Contoh Kebutuhan Tersier dan Pengertiannya

Contoh Kebutuhan Tersier. Berdasarkan hierarki dan tingkat kepentingannya, kebutuhan manusia terbagi ke dalam tiga macam, yaitu : kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pada artikel sebelumnya, kita telah mengupas apa itu kebutuhan primer dan sekunder lengkap dengan contoh-contohnya. Dan pada kesempatan kali ini, sesuai judul kita akan fokus kepada contoh kebutuhan tersier dan pengertiannya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Kepuasan Pelanggan

 

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer dan sekunder dapat terpenuhi dengan baik. Artinya, kebutuhan tersier merupakan kebutuhan mewah yang apabila tidak dipenuhi, sama sekali tidak memberi pengaruh dalam keberlangsungan hidup manusia. Bukan sebagai pelengkap kebutuhan primer sebagaimana kebutuhan sekunder, kebutuhan tersier benar-benar murni suatu kebutuhan lux. Lalu bagaimana contoh kebutuhan tersier? Berikut contoh-contohnya.

 

Contoh Kebutuhan Tersier

 

1. Perhiasan
Contoh-contoh perhiasan seperti : kalung emas, cincin berlian, batu permata, kalung mutiara, gelang emas, dan lain lain. Kebutuhan manusia terhadap perhiasan sama sekali tidak mempengaruhi keberlangsungan hidup. Perhiasan umumnya berfungsi sebagai indentitas sosial, yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut hidup dalam kondisi yang sangat berkecupan.

 

2. Aksesoris Mewah
Contohnya seperti perabotan mewah. vas bunga dengan harga jutaan, guci mewah, motor mewah, jam tangan dengan harga ratusan juta, dan lain lain. Tidak jauh berbeda dengan perhiasan, benda aksesoris mewah secara umum berfungsi sebagai penentu identitas sosial dimasyarakat dan sama sekali tidak berpengaruh dengan kelangsungan hidup manusia.

 

3. Kendaraan Mewah
Dalam beberapa kondisi, motor dan mobil memang termasuk ke dalam kebutuhan sekunder. Namun, akan berbeda cerita bila kendaraan tersebut harganya berkali-kali lipat diatas kendaraan normal pada umumnya? Seperti motor dengan harga ratusan juta, mobil dengan harga puluhan milyar, jet pribadi, kapal pesiar, dan lain-lain. Seluruh benda benda tersebut mutlak merupakan kebutuhan tersier karena hanya bisa dipenuhi, apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi dengan sangat baik tanpa kekurangan sedikitpun.

 

4. Wisata ke Luar Negeri
Dalam beberapa keadaan, rekreasi memang dibutuhkan untuk menyegarkan kembali kondisi pikiran, yang telah penat dengan rutinitas harian. Namun, bagaimana bila rekreasi tersebut sampai menghabiskan dana puluhan juta rupiah? Dalam kondisi normal, umumnya berwisata merupakan kebutuhan sekunder yang dalam kondisi normal, biasa dilakukan disekitar wilayah antara desa, kota dan pulau. Mengingat akan besarnya dana yang dibutuhkan untuk melakukan wisata ke luar negeri, oleh sebab itu, perjalanan wisata jenis ini masuk kedalam kategori kebutuhan tersier.

 

Itulah pembahasan singkat kita mengenai contoh kebutuhan tersier. Semoga tulisan yang kami share ini dapat membantu para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Terima kasih. Share keteman kalian yah!

Baca Juga : Contoh Kebutuhan Sekunder