contoh pantun

Contoh Pantun dan Pengertiannya

Kembali lagi di situs contoh-contoh.com. Kali ini seperti judul yang telah kita lihat bersama, kita akan share beberapa contoh pantun. Pantun-pantun ini diharapkan bisa membantu para siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Langsung saja simak contoh-contoh pantun berikut ini. Tapi sebelum itu, ada baiknya jika kamu membaca definisi pantun di bawah ini terlebih dahulu. Baca Juga : Contoh Teks Deskripsi dan Pengertiannya

 

Pengertian Pantun

Penggunaan kata istilah “Pantun” berasal dari bahasa jawa kuno yakni tuntun. Tuntun memiliki makna yaitu mengatur atau menyusun. Pada zaman dahulu, pantun biasa disampaikan dalam bentuk ucapan / lisan. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, pantun saat ini biasa disampaikan dalam bentuk sebuah karya tulis. Materi mengenai pantun, biasa menjadi bahan yang diajarkan pada mata pelajaran sekolah baik itu tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas. Sejauh ini, materi mengenai pantun biasa diajarkan di sekolah-sekolah. Mulai dari kaidah penulisan teks pantun, bagaimana cara menganalisis teks pantun dengan benar, serta mengambil sebuah evaluasi dari teks pantun tersebut

 

Contoh Pantun

1. Contoh pantun yang pertama ini adalah jenis pantun nasehat. Didalamnya terdapat pesan bagaimana kita agar lebih menggunakan waktu dengan sebaik mungkin.

Gemburkan tanah dengan bajak
Istirahat di gubuk minum es
Waktu dipakai dengan bijak
Kelak engkau jadi orang sukses

 

2. Contoh Pantun berikutnya juga masih mengenai nasehat. Pesan yang terkandung di dalamnya adalah tentang bagaimana kita agar lebih menghormati orang lain sebagai bentuk sikap sosial yang baik.

Oper bola ke penyerang
Jangan sampai direbut lawan
Wahai teman hormati orang
Engkau akan disukai kawan

 

3. Pantun yang ketiga ini masih berjenis pantun nasehat. Isinya mengenai bagaimana kita agar lebih menjaga sikap dalam bermuamalah. Tidak terlalu kasar atau pun bertindak tidak sopan santun kepada teman.

Pergi ke pasar beli beras
Pulang-pulang melihat awan
Hati jangan terlalu keras
Nanti engkau dibenci kawan

 

4. Pantun keempat ini berisikan motivasi kepada teman. Dorongan agar lebih semangat dan optimis dalam menjalani kehidupan.

Pergi ke toko beli kawat
Balik ke rumah main HP Samsung Teman
Anda tetaplah semangat
Hidup ini masih berlangsung

 

Itulah pembahasan singkat kita mengenai pengertian pantun dan contohnya. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dimana pun berada. Bantu share artikel ini agar media edukasi ini dapat tumbuh lebih baik lagi. Terima kasih dan tetap semangat dalam belajar, sebab takkan ada usaha yang mengkhianati hasil. 

Baca Juga : Pantun : Pengertian, Ciri, Kaidah dan Jenisnya

Source : www.academia.edu (Antoros Dwi)